Cara Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Scanner

 

Metode ini sangatlah cepat bagi kita yang ingin menghafal Al-Qur’an dengan waktu singkat. Karena dengan metode ini, penghafal Al-Qur’an hanya butuh waktu maksimal 30 dekit untuk menghafal 1 baris dalam Al-Qur’an. Jika kita hitung waktu yang dibutuhkan dalam menghafal Al-Qur’an untuk 1 halaman, maka kita hanya butuh waktu 5 menit untuk bisa hapal 1 halaman. Jika 1 halaman 5 menit, maka 1 juz hanya butuh 100 menit atau 1 jam 40 menit. Sangatlah cepat bukan. Kita bisa hapal Al-Qur’an dalam kurun 1 bulan saja.

Untuk langkah-langkah menghafal Al-Qur’an dengan metode ini adalah sebagai berikut :

 

  1. Menghadapkan Al-Qur’an ke wajah dan digeserkan sedikit ke sebelah kiri.

 

Banyak dari kita saat menghafal, meletakkan Al-Qur’an sejajar dengan badan kita, sehingga membuat kepala  kita menjadi menunduk yang menyebabkan  posisi otak tidak stabil. Posisi ini yang menyebabkan penghafal butuh waktu lama dalam menghafal Al-Qur’an karena memori otak tidak bisa menyimpan dengan cepat dalam posisi menunduk. Adapun solusinya, kita bisa mengikuti langkah pertama dalam metode scanner ini. Yaitu menghadapkan Al-Qur’an ke wajah dan digeser sedikit ke kiri tanpa harus menolehkan kepala, yang mengikuti hanyalah mata saja.

 

  1. Melihat Ayatnya.

 

Kita langsung masuk dalam menghafalnya. Dalam menghafalnya kita tidak perlu membacanya, baik dengan mulut ataupun di dalam hati. Kita hanya perlu fotocopy ayat Al-Qur’an dengan mata kita. Jika mesin fotocopy bisa menghasilkan hasil yang sama dalam meniru tulisan, maka mata kita 70.000 kali lipat lebih hebat dari mesin fotocopy. Kita hanya melihatnya saja, huruf demi huruf, kata demi kata, sampai seluruh ayatnya.

 

  1. Fokus.

 

Saat menghafal, kita membutuhkan konsentrasi, fokus, dan rilex. Tinggalkan apa yang membuat kita tidak fokus, karena itu bisa berefek pada hafalannya.

 

  1. Mengatur Nafas.

 

Mengatur nafas juga berpengaruh dalam metode ini. Saat mengahafal, kita tarik nafas dan membuangnya pelan-pelan. Jangan buang cepat-cepat. Semakin buang hafas, lemaskan pikiran kita untuk membuat otak kita menjadi segar kembali. Semakin segar otak kita, semakin cepat apa yang kita lihat.

 

  1. Mengecek Hasil Scan.

 

Untuk mengeceknya, kita hanya perlu memejamkan mata dan membanyangkan tulisan di otak kita. Dengan itu, kita hanya perlu membacanya saja.

 

Dengan metode ini, Insya Allah kita bisa menghafal AL-Qur’an dengan cepat. Jika ditotal, kita hanya butuh 30 hari untuk bisa hafal 30 juz dengan hitungan 1 hari 1 juz. Dan semua itu butuh keistiqomahan dalam mengerjakannya. Dan salah 1 cara mempercepat dan memahami makna Al-Qur’an adalah dengan bisanya bahasa arab. Jika kita mahir dalam bahasa arab, insya Allah kita bisa dalam memahami makna Al-Qur’an. Tempat juga berpengaruh dalam ketengan menghafal. Penghafal Al-Qur’an juga butuh lingkungan tenang, baik, dan cocok untuk menghapal Al-Qur’an.

Leave a reply