Nasihat Ulama Agar Hasil Pekerjaan Kita Berkah

Layaknya manusia yang normal, kita pasti menginginkan hidup yang berkecukupan, rizki yang baik dan semacamnya. di samping itu, karena mencari penghidupan juga merupakan keharusan bagi seseorang yang menjadi tulang punggung kelauarga, maka sudah selayaknya hal itu dilakukan dengan penuh nilai-nilai keluhuran agar kita sebagai manusia tidak terjebak menjadi robot yang hanya terus bekerja dan bekerja tanpa peduli teradap kondisi apa pun, bahkan kondisi kita dan orang-orang di sekitar kita.

Oleh karena itu, penting kiranya kita mengetahui dan mengamalkan prinsip-prinsip luhur dalam bekerja, lebih-lebih agar hasil yang kita peroleh menjadi baik dan berkah.

Dalam hal ini, Imam Abu lais ash-Samarqandy dalam kitab Tanbihul Ghofilin menuturkan: bila seseorang menginginkan berkah dan sukses dalam pekerjaannya, maka ia harus menjaga lima hal berikut:

Pertama, tidak menunda-nunda hal-hal fardu hanya demi pekerjaannya dan tidak menjadikannya sesuatu yang kurang atau asal-asalan.

Kedua, tidak menyakiti atau merugikan orang lain demi pekerjaannya.

Ketiga, meniatkan diri dalam pekerjaannya itu, agar ia dan keluarganya terjaga dari kearaman, bukan untuk menumpuk dan memperbanyak harta.

Keempat, tidak memayahkan diri hanya demi pekerjaan.

Kelima, tidak meyakini bahwa rizki yang ia peroleh berasal dari jerih payah kerjanya, melainkan itu semata-mata dari Allah Swt, sedangkan pekerjaan hanyalah perantara saja.

Semoga kita sekalian bisa merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. setidak-tidaknya, berusaha agar memiliki sifat-sifat demikian. Semoga.(IM)

Leave a reply