Apakah Anda sulit menghafal al-qur’an ? atau apakah Anda merasa sulit untuk mempertahankan hafalan ? Sepertinya halnya belajar mata pelajaran akademik, menghafal al-qur’an juga membutuhkan metode tertentu yang membantu para penghafal mengingat, menambah dan mempertahankan hafalannya. Selain menghafal dengan metode tertentu, beberapa tips menghafal al-qur’an ala Ustadz Yusuf Manshur dibawah ini dapat Anda gunakan.

 

Bagi sebagian orang merasa bahwa menghafal al-qur’an adalah suatu hal yang sulit dan hanya di peruntukkan kepada orang-orang istimewa saja. Padahal untuk mencapai target menjadi penghafal al-qur’an bukanlah hal berat ketika Anda sudah mengetahui cara mudah menghafal al-qur’an.

 

Salah satu dai asal Indonesia yang telah sukses mendidik putra putrinya menjadi generasi penghafal al-qura’an adalah Ustadz Yusuf Manshur. Ustadz milenial  satu ini sering menggembor-gemborkan keutamaan penghafal al-qur’an dengan metode yang banyak dibutuhkan jamaah. Manifestasi nyata dari dakwah tersebut, Beliau wujudkan dalam bentuk pendirian pondok pesantren tahfidz Darul Qur’an.

 

Dalam salah satu ceramahnya, Ustad Yusuf Manshur menyampaikan bahwa ada sebuah genre atau metode menghafal quran  yang mana membantu para penghafal  quran mengingat nomor ayat dan bunyi ayat sekaligus. Berikut ini tips menghafal al-qur’an ala Ustadz Yusuf Manshur yang telah diringkas agar lebih mudah dipahami :

  1. Mengamati lembar yang akan di hafal

Sebelum menghafal, ada baiknya terlebih dahulu amati karakteristik bacaan dalam lembar mushaf yang akan dihafal. Seperti contohnya dalam juz 30 surat At-Takwir memiliki karakter diawali dengan lafadz اِذا sebanyak 8 ayat

 

  1. Mengulang ayat dengan jumlah tertentu sesuai kebiasaan

Langkah ini tentunya menyesuaikan kebiasaan dari masing-masing penghafal untuk mengulang bacaannya. Secara umum, langkah ini adalah cara wajib dan lumrah banyak dilakukan oleh penghafal dari waktu ke waktu

 

  1. Menyebutkan nomor ayat

Langkah yang membedakan metode menghafal quran ini dengan yang lain adalah mengulang bacaan ayat beserta nomor ayatnya. Seperti contoh yaitu pengulangan surat Al-Ikhlash ayat 1 dilafadzkan dengan cara ayat 1  قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

  1. Menggunakan jari tangan

Selain menyebutkan nomor ayat ketika mengulang ayat, tips berikutnya yaitu menggunakan jari tangan. Seperti contoh diatas ketika mengulang surat Al-Ikhlash ayat satu maka llipat empat jari tangan lalu sisakan satu jari telunjuk untuk mempermudah mengingat nomor ayat

 

  1. Membaca mundur dan acak

Setelah mengulang bacaan sekaligus nomor ayatnya beserta penggunaan jari tangan, mintalah orang lain untuk menguji hafalan. Langkah ini di lakukan dengan cara menghafal mundur atau acak ayat-ayat yang telah dibaca.

 

Tips menghafal al-qur’an ala Ustadz Yusuf Manshur diatas tadi telah digunakan kepada putra-putri Beliau yang notabene adalah penghafal qur’an. Beliau juga menyampaikan pentingnya proses menghafal qur’an di pondok pesantren. Terlebih dalam rangka menyiapkan menyiapkan generasi penerus yang hafal quran sekaligus memahami hukum-hukum islam dari sumbernya. Pesantren Tahfidz Quran Darul Fuqoha Kediri Jawa Timur adalah pondok tahfidz quran yang juga memberi fasilitas belajar kepada santrinya agar mahir kitab kuning.